Sunday, February 12, 2023

Surat At Taubah Ayat 105 Menjelaskan Tentang Amal dan Balasannya

Surat At Taubah Ayat 105 Menjelaskan Tentang Apa?

Kandungan dari surat at Taubah 105 ini mencakup beberapa hal. Namun tema utama yang dibicarakan ayat ini seputar amal perbuatan, kesaksian dan balasan. Ayat ini dimulai dengan lafal 'qul' yang artinya ucapkanlah atau katakanlah!.


surat at Taubah 105 dan artinya
Surat At Taubah Ayat 105 Menjelaskan Tentang Amal

Dalam konteks ini, Allah memerintah Rasulullah Saw untuk mengucapkan, yang artinya Baginda Nabi diperintah untuk menyampaikan kepada umatnya. Meskipun ucapan beliau terjadi di masa lalu, khittab atau sasaran pembicaraan Beliau berlaku kepada umatnya sampai Kiamat.

Baca Juga: Makna surat Yasin ayat 40 tentang cinta

Apa isi dari perintah Allah tersebut? i'maluu artinya berbuatlah atau beramallah kalian. Amal dengan segala keterkaitannya ini lah yang menjadi tema utama dari kandungan surat at Taubah 105.

Adapun bunyi dan arti selengkapnya dari teks ayat tersebut, dikutip dari Kemenag RI adalah:


وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ [٩:١٠٥]

Arti dari Surat at taubah ayat 105 adalah: Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Baca juga: Aku dan kamu bagaikan surat Yasin ayat 40

Surah dengan nomor urutan mushaf ke-9 dengan ayat ke-105 itu selain menjelaskan tentang perintah Allah kepada Rasul-Nya, juga memiliki pesan-pesan yang disarikan dari bunyi ayatnya.


6 Kandungan Surat At-Taubah Ayat 105 

Enam (6) hal penting sebagai isi kandungan surah Attaubah ayat 105 yang bisa kita petik hikmahnya. Dari analisis bahasa, Surat at taubah ayat 105 menjelaskan tentang lima hal, yaitu:

  1. Setelah bertobat, hendaknya diikuti dengan amal-amal yang bermanfaat
  2. Allah melihat amal tersebut, dan memberikan pahala sebagai penghargaan atas amal perbuatan seseorang
  3.  Rasullullah Saw. dan orang-orang yang beriman juga akan menyaksikan dan menilai amal tersebut
  4. Setiap manusia akan dikembalikan ke 'alam gaib' (mati)
  5. Pada akhirnya, setiap amal akan diberikan balasan sesuai dengan kebajikan atau keburukannya
  6. Tidak ada sesuatu yang bisa disembunyikan dari Allah.
Penjelasan pertama dari Surat at taubah ayat 105 menjelaskan tentang berbuat amal ini diambil dari lafald i'malu. Kemudian disambung dengan fasayarallah, yang menjelaskan bahwa Allah akan mengetahui amal perbuatan tersebut. Ini sebagai kandungan kedua.


Disusul dengan lafal, wa Rasuluhu wal mu'minuna, yang artinya dan Utusan-Nya dan para mukmin (juga akan mengetahui amal orang tadi). Ini penjelasan ketiganya.

Berikutnya, Surat at taubah ayat 105 menjelaskan tentang kematian dan pembalasan amal. Balasan dari perbuatan ini disarikan dari lafal, wasaturadduna yang artinya akan dikembalikan (mati).

Terakhir dari Surat at taubah ayat 105 menjelaskan tentang tidak adanya sesuatu yang bisa disembunyikan dari Allah. Kandungan ini diambil dari lafal, fayunabi'ukum yang artinya Allah akan memberitahu kepada kalian.


Demikian kandungan dan penjelasan dari surah at Taubah pada ayat seratus lima. Bahwa bertaubat saja belum cukup. Hendaknya setelah pertaubatan itu diisi dengan amal-amal yang memberikan kemanfaatan, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Karena pada saatnya nanti, semua yang dikerjakan manusia akan dibalas oleh-Nya. Wallahu a'lam. 

No comments:

Post a Comment

YouTube ...