Thursday, February 16, 2023

Penjelasan Ayat Laqod Jaakum Rosulum Min Anfusikum Arab, Latin dan Artinya

 

Ayat Laqod Jaakum Rosulum Min Anfusikum

ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum

Ayat laqod jaakum merupakan bagian dari surat at-Taubah. Surat Attaubah adalah surat dengan urutan kesembilan dalam mushaf. Sementara ayat laqod jaakum sendiri merupakan ayat yang ke-128 dari surat tersebut.


Bacaan ayat laqod jaakum ini cukup akrab di telinga kaum muslimin. Di mana, salah satunya digunakan dalam pembukaan acara Maulid Rasul. Sebuah acara sebagai ekspresi wujud rasa bahagia atas kelahiran Rosulullah Saw.


Bagaimana tidak, sebagaimana tercermin dalam ayat tersebut, Nabi Muhammad adalah sosok yang penuh cinta dan kasih sayang. Kasih sayangnya bukan hanya kepada umatnya yang beriman, tapi juga kepada kaum mereka secara khusus (sebagaimana dalam teks ayat) juga kepada umat manusia seluruhnya.


Penjelasan Ayat Laqod Jaakum Rosulum Min Anfusikum


Ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum latin lengkapnya tertulis dengan bacaan lakodja akum rosulum min anfusikum azizun alaihi ma anittum harisun alaikum bil mukminina roufurrahim dalam teks arab sebagai berikut:


لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ [٩:١٢٨]

 

Surat at Taubah ayat 128 jika diterjemahkan per kata menjadi, arti laqod jaakum sungguh telah datang kepada kalian. Rosulum min anfusikum artinya seorang Rasul (utusan) dari kaummu sendiri. Azizun alaihi ma anittum artinya: sesuatu yang kalian derita terasa berat olehnya (rasul).

Kemudia ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum ini diteruskan oleh sifat-sifat Nabi Muhammad Saw yang penuh kasih sayang terhadap umatnya. Kasih sayang Nabi tercermin dalam surat laqod jaakum ini dengan ungkapan, ‘harisun alaikum’ artinya begitu menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian. Rasa sayang nabi itu ditujukan kepada orang Mekah yang belum beriman.

Sementara terhadap mukmin, kasih dan sayang Nabi dikuatkan dengan sifat Rouf. Roufurrahim artinya sangat belas kasihan dan juga penyayang.

--

Tag terkait: "ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum arab, ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum latin, ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum artinya, laqod jaakum surat apa, laqod jaakum rosulum min anfusikum azizun alaihi artinya"

--

Menukil pendapat KH. Musthofa Bisri atau yang biasa dipanggil Gus Mus. Bahwa ciri-ciri pewaris nabi (baca: ulama) adalah mereka yang senantiasa mencurahkan perhatian kepada ummat dengan penuh rohmah (kasih sayang).

Kekhwatiran beliau sangat berdasar. Sebab, akhir-akhir ini ada sebagian ‘ulama’ yang justru bergantung hidup dari umatnya. Ada juga beberapa yang memperlakukan umatnya bukan dengan jalan rahmah sebagaimana kandungan dari ayat laqod jaakum rosulum min anfusikum tersebut.

Ayat kasih sayang sudah difirmankan-Nya. Ayat ahwal kasih sayang sudah dipraktekkan Rasul-Nya. Tinggal bagaimana kita terus berusaha mengamalkannya sesuai kadar tingkatannya.

Usaha dan amal kita akan diperlihatkan oleh Allah. Tidak ada yang bisa disembunyikan dari-Nya. Ini senada dengan penjelasan Surat At Taubah Ayat 105 yaitu ayat tentang amal dan balasan. 

Jika belum bisa berbuat rahmah, maka setidaknya tidak menebarkan kebencian dan permusuhan. Karena Rasul adalah rahmatan lil alamin. Dan penghuni alam bukan hanya orang-orang muslim.

No comments:

Post a Comment

YouTube ...