Saturday, March 4, 2023

Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33 Beserta Artinya

Surat ar-Rahman Ayat 33 Beserta artinya

Buat kamu yang suka membaca Al Quran, pasti sudah tidak asing dengan surat Ar Rahman ayat 33 beserta artinya. Di sini Allah SWT mengingatkan kita, kelompok jin dan manusia, bahwa tidak ada kekuatan yang bisa kita miliki kecuali hanya dari-Nya. Apapun yang kita rencanakan, apapun yang kita lakukan, semuanya bergantung pada izin dan kehendak Allah SWT.

Nah untuk lebih jelas pembahasan ar rahman ayat 33 memberikan informasi tentang apa sih? Dan seperti apa bunyi bacaanya. Simak tulisan ini, ya gaess.

 

Surat Ar Rahman Ayat 33 Beserta Artinya

Sebelum jauh membahas kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33, yuk simak dulu bunyi dan bacaar dari Surat Ar Rahman ayat 33 beserta artinya yang diambil dari sumber Kementrian Agama RI.


Surat Ar Rahman Ayat 33 Beserta Artinya
Surat Ar Rahman Ayat 33 Beserta Artinya

Mengutip dari Kemenag, Surat Ar Rahman ayat 33 beserta artinya sebagai berikut:

 

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ


Ini lho, tulisan latin Ar Rahman ayat 33 yang sesuai EYD Yâ ma‘syaral-jinni wal-insi inistatha‘tum an tanfudzû min aqthâris-samâwâti wal-ardli fanfudzû, lâ tanfudzûna illâ bisulthân

Melansir situs terjemahan dari kemenag, artinya Surat Ar Rahman ayat 33: Hai kelompok jin dan manusia, jika kalian sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah. Kalian tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (Allah).

Kandungan Ar Rahman Ayat 33

Surat ar rahman ayat 33 memberikan informasi tentang kekuasaan Allah dan tanggung jawab. Kandungan ini bisa diketahui dari Surat Ar Rahman Ayat 33 Beserta Artinya di atas.

Bahkan dalam ayat ini, Allah SWT meminta kita untuk menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi jika memang sanggup. Tapi jangan salah, hanya dengan kekuatan-Nya kita bisa melakukannya. Kita tidak akan mampu menembusnya tanpa izin-Nya.

Di sini juga Allah SWT mengingatkan kita bahwa tidak ada mahluk yang bisa lari atau lepas dari pertanggung jawaban atas amal yang telah dilakukan. Setiap perbuatan yang kita lakukan akan dimintai pertanggung jawaban oleh-Nya kelak di akhirat. Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha melakukan yang terbaik dan selalu berdoa agar diberi kemudahan dan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita.

Tapi, ada satu hal yang perlu diingat. Ada pendapat yang mengatakan bahwa ‘an tanfudzu’ dalam ayat ini bisa diartikan sebagai bukti ayat sains dalam Al Quran tentang jin dan manusia yang mampu keluar angkasa. Namun, pendapat ini dianggap tidak relevan dengan konteks surat Ar Rahman secara keseluruhan.

Surat Ar Rahman lebih mengarahkan kita untuk merenungkan tentang kebesaran Allah SWT dan anugerah-Nya yang melimpah. Dalam surat ini, Allah SWT memperlihatkan banyak sekali nikmat yang telah diberikan-Nya pada kita, mulai dari nikmat mata, telinga, lidah, dan banyak lagi. Namun, di akhir surat, Allah SWT juga memberikan ancaman bagi orang yang mengkufuri nikmat-Nya.

Jadi, mari kita selalu ingat bahwa tidak ada kekuatan yang bisa kita miliki kecuali hanya dari Allah SWT. Mari kita selalu berusaha untuk menjadi hamba-Nya yang taat dan selalu berdoa sesuai dengan kandungan Surat ar rahman ayat 33 menjelaskan tentang amal ini, tentu usaha dan doa ini agar diberi kemudahan dalam setiap langkah hidup kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!


No comments:

Post a Comment

YouTube ...